Papua itu Indonesia (bag. 1)

Jakarta, Swamedium.com — kenapa selama ini Rakyat Papua menginginkan merdeka? apa sih yang melatar belakanginya?

kita buka dengan sejarah paling awal literatur wilayah Papua adalah wilayah Indonesia seperti saat ini.

Wilayah Kerajaan Majapahit

Saat Majapahit mencapai kejayaannya dibawah Mahapatih Gajahmada memiliki konsep teritorial yang membagi tiga wilayah :

1. Negara Agung, atau Negara Utama, inti kerajaan. Area awal Majapahit atau Majapahit Lama selama masa pembentukannya sebelum memasuki era kemaharajaan. wilayah ini dibagi provinsi yang dikepalai seorang bangsawan kerabat kerajaan.

2. Mancanegara, area yang melingkupi Negara Agung. Area ini secara langsung dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa, dan wajib membayar upeti tahunan. Akan tetapi, area-area tersebut biasanya memiliki penguasa atau raja pribumi, yang kemungkinan membentuk persekutuan atau menikah dengan keluarga kerajaan Majapahit.

3. Nusantara, adalah area yang tidak mencerminkan kebudayaan Jawa, tetapi termasuk ke dalam koloni dan mereka harus membayar upeti tahunan. Mereka menikmati otonomi yang cukup luas dan kebebasan internal, dan Majapahit tidak merasa penting untuk menempatkan birokratnya atau tentara militernya di sini; akan tetapi, tantangan apa pun yang terlihat mengancam ketuanan Majapahit atas wilayah itu akan menuai reaksi keras.

dari peta wilayah yang dikuasai Majapahit, Papua termasuk wilayah ke-3. dimana ada kerajaan kecil yang mendapat perlindungan Majapahit. (*)

*Penulis: Alimul HS (penulis, jurnalis, konsultan media)



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/09/01/papua-itu-indonesia-bag-1/

Post a Comment

0 Comments