Habib Idrus Bin Ali Alhabsyi: Hikmah Dari Bulan Muharram

Ahad, 1 September 2019

Faktakini.net

Hikmah dari bulan Muharram.
( Hb Idrus bin Ali al Habsyi. S.FIL.I / Ketua Lembaga Da'wah DPP FPI & Pimpinan MT Sabilun Najah).

1. Mengingatkan kita bagaimana Jatuh Bangun nya Rasullah SAW dlm berda'wah selama 13 thn di Mekkah (sblm Hijrah ke Madinah). Rasul SAW mendapat tantangan dari org kafir musrik quraish yg selalu menghalangi Nabi Muhammad SAW dlm berda'wah. Nabi SAW di caci maki, di fitnah, sahabat2 beliau diteror dan di siksa, nabi ingin dibujuk rayu di berikan harta, tahta dan wanita, Nabi dan para Sahabat di boikot sama org kafir quraish (tdk boleh melakukan transaksi jual beli kpd umnat Islam), dan pada puncak nya mereka berencana ingin membunuh Rasul SAW, sebagaimana firman Allah dlm surat al anfal ayat 30 ( dan ingatlah ketika org2 kafir ingin membuat makar tipu daya kpd engkau, mereka ingin memenjarakan engkau atau membunuh engkau atau mengusir engkau, mereka ingin berbuat tipu daya dan Allah membalas tipu daya mereka dan Allah sebaik baik nya membalas tipu daya). Alhamdulillah dgn berkat rasa Sabar Nabi dan para sahabat nya, semakin di teror semakin kuat keimanan para sahabat mulia Nabi Muhamnad SAW, dan Allah memberi pertolongan dgn Allah mudahkan Nabi dan Sahabat utk hijrah ke madinah dan disitulah Allah kasih jln menuju kemenangan Islam.

2. Setelah di Madinah nabi membangun masjid dan Nabi jadikan masjid selain utk tmpt ibadah, nabi gunakan juga masjid sebagai tmpt madrasah utk mengajar ilmu dan mendidik para sahabat nya, dan masjid Nabi gunakan sebagai tmpt urk mempersatukan menanamkan rasa persaudaraan di antara Muhajirin dan Ansor. Masjid juga Nabi gunakan sebagai pusat kepemimpinan dan utk merancang bangunan peradaban baru. Dan masjid Nabi gunakan tmpt musyawarah utk membangun strategi dalam da'wah, sosial, politik dll.

3. Nabi Tanamkan rasa persaudaraan antara kaum muhajirin dan ansor, sehingga timbullah ukhuwah Islamiyyah, yg dimana mereka saling mencintai satu sama lain di dasari dgn iman kpd Allah; mereka satu sama lain saling mencintai karena Allah..

MAKA DARI ITU SEMANGAT TAHUN BARU ISLAM 1441 HIJRIAH KITA JADIKAN SEBAGAI MOMENTUM:

- MENINGKATKAN KEIMANAN KPD ALLAH, DAN BERJUANG DLM MRNCARI RIDHO ALLAH DAN SABAR DLM MENGHADAPI BERBAGAI UJIAN DAN MUSIBAH. ALLAH BERFIRMAN DLM SURAT AL IMRON 142 (Apakah Manusia Begitu Saja Di Biarkan Masuk Surga, Sebelum Allah Melihat Mana Diantara Kalian Orang Yg Berjuang Diantara Kalian Dan Orang Yang Sabar Diantara Kalian)

- MENYADARKAN UMMAT ISLAM PENTING NYA PERSATUAN. SEBAGAIMANA DULU RASUL SAW MEMPERSATUKAN DAN MEMPERSAUDARAKAN KAUM MUHAJIRIN DAN KAUM ANSOR

-  KITA MAKMURKAN MASJID SEBAGAI BENTENG PETAHANAN UMMAT ISLAM DAN KITA SYIARKAN MASJID SEBAGAI TEMPAT IBADAH, MADRASAH UTK MENDIDIK UMMAT DLL.

TAKBIR!!!
ALLAHU AKBAR

sumber Fakta Kini https://www.faktakini.net/2019/09/habib-idrus-bin-ali-alhabsyi-hikmah.html

Post a Comment

0 Comments