Disertasi ‘Sampah’ Abdul Aziz dan Cacat Logika Berpikir yang Akut

Jakarta, Swamedium.com — Sudah dengar tentang berita yang baru viral tentang Disertasi Abdul Aziz yang dalam kesimpulannya bahwa “Zina Diperbolehkan dan Halal Menggauli Pasangan Lain Diluar Nikah?”

Na’udzubillah!!

Bagi saya, sebagai insan akademis, malu kalau harus menyebut karya tulis itu sebagai sebuah karya ilmiah atau Disertasi. Bagi saya, pelabelan karya tulis itu lebih tepat dengan sebutan “Sampah” dari produk pemikiran liberal yang tidak bernilai sama sekali.

Kalau saja saya menjadi pembimbing atau promotornya, sejak dia mengajukan proposal sudah saya tolak mentah-mentah. Ini siapa sih promotornya? Nalar konstruksi berpikirnya dibangun dari logika apa?!!

Berdasarkan penjelasan Abdul Aziz di TV One, dia membangun konstruksi logikanya dari pandangan Muhammad Shahrur ketika memahami istilah “Malakat Aiman” pada surah al-Mu’minun.

Menurut pengakuan penelitinya, Abdul Aziz dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dia mendasarkan pendapatnya pada pandangan Muhammad Shahrur, tokoh pemikir Islam liberal dari Syiria yang banyak dijadikan kiblat pemikiran kaum liberalis di Indonesia.

Muhammad Shahrur, mencoba membongkar pasang tafsiran kalimat “مَا مَلَكَتۡ أَیۡمَـٰنُهُمۡ” yang terdapat pada surah al-Mu’minun ayat ke-5 dan 6:

وَٱلَّذِینَ هُمۡ لِفُرُوجِهِمۡ حَـٰفِظُونَ إِلَّا عَلَىٰۤ أَزۡوَ ٰ⁠جِهِمۡ أَوۡ مَا مَلَكَتۡ أَیۡمَـٰنُهُمۡ فَإِنَّهُمۡ غَیۡرُ مَلُومِین

“.. dan orang-orang beriman, yaitu mereka yang menjaga kemaluan mereka, terkecuali terhadap pasangan-pasangan mereka atau budak wanita yang mereka miliki.”

Dalam pandangannya, Abdul Aziz, menyokong pendapat Muhammad Shahrur yang memahami bahwa “Malakat Aiman” ditafsirkan sebagai “Pasangan diluar Nikah” pada surah al-Mu’minun tersebut, sehingga pada kesimpulannya bahwa kehalalan zina diperbolehkan menurut al-Qur’an. Waduuh!!

Dia mendasarkan bahwa hubungan seksual diperbolehkan dengan pasangan halal, juga dengan pasangan di luar nikah atas dasar suka sama suka. Pendapat ini asli NGACO!!



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/09/03/disertasi-sampah-abdul-aziz-dan-cacat-logika-berpikir-yang-akut/

Post a Comment

0 Comments