Viral Video "Operasi Bedah Korek Api Di Perut Balita", Ini Faktanya


Kamis, 15 Agustus 2019

Faktakini.net, Jakarta - Sebuah video operasi mengeluarkan berbagai benda dari dalam perut, termasuk korek api menjadi viral di publik Jakarta sejak kemarin. Video itu mulai menyebar melalui whatsapp.

Dalam video tersebut, tampak ada sosok yang sedang dibedah perutnya. Petugas medis mengelilingi pasien. Lalu, menggunakan alat penjapit, dokter mulai mengambil benda-benda dari dalam perut pasien. Dari video yang berdurasi sekitar 1 menit 37 detik itu terlihat dokter mengeluarkan dua buah korek api gas, beberapa baterai, bungkus kemasan sachet, dan beberapa benda tajam yang tak terlalu terlihat jelas.

Narasi pengantar video menyebutkan bahwa video adalah kiriman seorang dokter dan pasien adalah seorang balita berusia empat tahun. Dan operasi dilakukan di RS Bedah Surabaya. Berikut narasi lengkapnya:

Kiriman video dari seorang Dokter saat melakukan operasi pada seorang balita berusia 4 thn di RS Bedah Surabaya.

Dalam perut anak tsb ditemukan beberapa benda diantaranya :
- Korek Api
- Batere
- Uang mainan
- Gagang sendok
- Bungkus Madurasa
- dll

Mohon sempatkan untuk nonton video tsb, supaya bpk / ibu yg memiliki balita/cucu untuk tidak begitu saja meninggalkannya saat sedang bermain sendirian.

Demikian info ini di update semoga bermanfaat.
Terimakasih

Verifikasi Fakta

Berdasarkan penelusuran VIVAnews, dalam video tersebut tubuh pasien tak terlihat seperti tubuh bayi. Bagian perut pasien lebih terlihat seperti ukuran perut orang dewasa, bukan ukuran perut balita. Kontributor VIVAnews di Surabaya juga mengatakan telah melakukan penelusuran namun tak mendapatkan informasi apa pun soal kejadian tersebut.

Video tersebut ternyata telah dibantah pada 27 Februari 2018, di laman Indonesia Hoaxes di Facebook (@turnbachoax). Menurut laman Indonesia Hoaxes, video yang sama juga pernah viral tahun 2017. Ini penjelasan dari Indonesia Hoaxes:

Video tersebut adalah fakta tetapi obyek yang dioperasi bukan balita berumur 4 tahun dan lokasi bukan di Surabaya melainkan seorang pria bernama Hendro Wijatmiko (30) warga Dusun Pesisir, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (13/7/2017).

Pria berusia 30 tahun ini mengidap skizofrenia dan mendengar bisikan yang membujuknya agar menelan benda-benda berbahaya itu saat mengalami sakit perut sebelum dia menelan benda-benda tersebut untuk menyembuhkannya. Operasi tersebut berlangsung di RSD dr Soebandi, Jember, Jawa timur. Dalam video yang berdurasi 1 menit 37 detik terlihat tim dokter yang sedang melakukan operasi, mengeluarkan benda-benda seperti korek api, baterai, uang mainan.

Fakta

Video yang beredar adalah misinformasi. Faktanya memang ada operasi mengeluarkan aneka benda di wilayah Jawa Timur. Tapi yang dioperasi bukan balita seperti pengantar video tersebut, dan operasi dilakukan di Situbondo, bukan di RS Bedah Surabaya.

Sumber: viva.co.id

sumber Fakta Kini https://www.faktakini.net/2019/08/viral-video-operasi-bedah-korek-api-di.html

Post a Comment

0 Comments