Satu Lagi Kebijakan Goodbener Anies! Negara Hadir, Gubenur Melindungi Hak Dasar Warga


[PORTAL-ISLAM.ID]  Negara hadir, Gubenur melindungi hak dasar warga..

DKI Akan Larang Pengelola Putuskan Listrik dan Air Penghuni Apartemen-Rusun
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/19/20463131/dki-akan-larang-pengelola-putuskan-listrik-dan-air-penghuni-apartemen

Gubernur DKI akan jamin perlindungan hak dasar warga atas air dan listrik penghuni Rusun/ Apartemen. Jaminan itu akan dituangkan dalam aturan gubernur. Melengkapi aturan pengelolaan rumah susun yang telah diterbitkannya tahun lalu. Ini berita gembira tentunya. Karena selama ini terdapat kasus dimana suplai air dan listrik dipakai sebagai alat kekuasaan. Memaksa pihak lain yang bersengketa untuk tunduk.

Contoh paling anyar adalah kasus Apartemen Mediterania Residence. Dimana ada dualisme kepengurusan pengelola rumah susun yang disebut dengan P3SRS (Perkumpulan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun). P3SRS yang baru telah mendapatkan SK penetapan dari Pemprov DKI tetapi P3SRS yang lama tak juga mengalihkan pengelolaan. Alih-alih kemudian memutus saluran air dan listrik pengurus P3SRS baru. Yang menurut berita sudah 27 hari diputus.

Melalui rencana revisi peraturan gubernur, Gubernur ingin memastikan agar kejadian serupa tak lagi terjadi. Sebab air adalah kebutuhan dasar manusia. Bisa dibayangkan ya, pada jaman sekarang kita memang tak bisa hidup tanpa listrik dan air. Sudah tepat langkah kebijakan mas Anies. Sebagai perwakilan negara, Gubernur HARUS memastikan diri hadir melindungi.

Dan aturan tersebut memang urgen. Mengingat rumah susun/apartemen adalah satu-satunya cara memastikan warga mendapat hunian layak ditengah keterbatasan lahan Jakarta. Sekarang saja sudah ada hampir 200 bangunan rusun/apartemen dengan berbagai nama dan kelas.

Maka langkah Pemprov DKI mengeluarkan Pergub 132 tahun 2018 tahun lalu tentang pengelolaan rumah susun adalah langkah brilian. Yang diikuti dengan janji mas Anies yang akan memastikan perlindungan bagi warga penghuni rusun/apartemen untuk mendapatkan hak dasar atas air dan listrik. Ini satu kebijakan yang sama sekali baru. Belum pernah terpikir oleh gubernur sebelum-sebelumnya, walau rusun/apartemen sudah hadir sejak 30 tahun lalu di Jakarta.

Alhamdulillah ya. Mas Anies dan jajarannya di Pemprov DKI telah menunjukkan teladan. Bahwa negara akan selalu HADIR melindungi warganya.

(By Tatak Ujiyati)



sumber PORTAL ISLAM

Post a Comment

0 Comments