Masya Allah, Sholat Idul Adha Terbesar Dilakukan Di New Jersey Amerika Serikat



Kamis, 15 Agustus 2019

Faktakini.net, Jakarta - Shalat Idul Adha terbesar dan pertama kali dilakukan di stadion bergengsi di Amerika Serikat. Puluhan ribu jamaah disebutkan melaksanakan shalat Idul Adha pada Minggu waktu setempat.

Gubernur New Jersey, Phil Murphy, mengatakan, salam Assalamu’alaikum dan menyatakan dirinya ingin agar umat Muslim menjadi bagian yang esensial di masyarakat AS khususnya di New Jersey.

"Budaya kami, ekonomi kami, agama kami, dan pendidikan kami, seperti komunitas lainnya di New Jersey," kata Phil Murphy.

Salat Idul Adha digelar pada Minggu pagi, 11 Agustus 2019 waktu setempat di lapangan sepak bola yang berkapasitas hingga 82.550 orang tersebut.

Jamaah yang sholat melakukannya dalam dua gelombang. Jumlahnya lebih dari 100 ribu orang.

Mereka datang dari New Jersey dan kota-kota lainnya di AS seperti Pennsylvania. Beberapa tokoh masyarakat dan anggota Kongres AS juga terlihat hadir.

Hal ini karena itu menjadi sejarah baru bagi Idul Adha dan Muslim Amerika.

Dilansir dari NorthJersey pada Minggu (11/8), pihak penyelenggara perayaan, Dean Makkaoui, menuturkan bahwa acara salat Idul Adha di Stadium MetLife dilaksanakan secara gratis dan warga Muslim AS, khususnya di bagian New Jersey tidak perlu mendaftar untuk mengikuti acara tersebut. Namun, jumlah jamaah yang membludak membuat pihak penyelenggara mengadakan ibadah salat Iduladha dalam dua sesi.

Makkaoui pun menuturkan bahwa saat pelaksanaan, orang-orang terus berdatangan dan terlambat lantaran kondisi lalu lintas yang macet.

"Masih ada banyak orang yang (akan) datang. Masih ada lebih banyak orang di luar. Beberapa orang terjebak di jalan raya (karena) macetnya lalu lintas," ucap Makkaoui.

Pihak penyelenggara juga menuturkan bahwa acara perayaan Idul Adha di Stadium MetLife pada Minggu kemarin merupakan hasil kolaborasi dari berbagai masjid di wilayah Passaic, New Jersey. Setidaknya ada lebih dari 20 masjid lokal, termasuk salah satunya adalah masjid terbesar di Passaic, Islamic Center of Passaic County yang ikut bergabung dalam acara tersebut.

Shazia Shailch, salah satu jamaah yang menghadiri perayaan bersama sekitar 15 anggota keluarganya mengatakan kepada awak media bahwa acara perayaan Iduladha di Stadium MetLife adalah hal yang benar-benar baru dan sangat besar baginya.

"Saya sangat menikmatinya. Sangat menyenangkan melihat banyak budaya di sini. Ini benar-benar pengalaman yang sangat menakjubkan," ucap Shailch.

Sementara itu, sebuah video yang viral di Twitter menunjukkan suasana ramai di dalam stadiun saat acara salat Idul Adha digelar. Video tersebut diunggah oleh akun @Rowaida_Abdel dan telah ditonton oleh lebih dari 48 ribu pengguna Twitter.

Tidak hanya melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah, warga Muslim yang menghadiri acara tersebut juga bisa melaksanakan berbagai kegiatan lain seperti melukis wajah, bermain video games, serta aktivitas menyenangkan lainnya. Sementara, Gubernur New Jersey, Phil Murphy juga diketahui ikut memeriahkan acara perayaan Iduladha terakbar di AS pada Minggu lalu.

Foto: Puluhan ribu warga muslim AS tampak memadati Stadium MetLife, New Jersey Amerika Serikat untuk melaksanakan salat Idul Adha bersama-sama pada Minggu kemarin (11/8)

Sumber: viva.co.id, akurat.co





sumber Fakta Kini https://www.faktakini.net/2019/08/masya-allah-sholat-idul-adha-terbesar.html

Post a Comment

0 Comments