Instink Pemimpin

Jakarta, Swamedium.com — Instink pemimpin itu beda-beda. Dan instink itu akan terlihat saat dihadapkan dengan situasi tak terduga, apalagi situasi krisis. Disitu instink pemimpin, karakter asli akan muncul.

Mari kita lihat cara Gubernur DKI berfikir dan bertindak saat listrik padam. Tak ada satupun yang menduga bisa terjadi lisrik mati seperti itu. Kondisi yang tak terduga dan bisa disebut krisis.

Menarik. Dia langsung bertindak. Dia tidak menyalahkan siapapun. Dan langsung menyiapkan langkah-langkah solusi.

Satu hal yang selalu berulang, dia punya instink utk bertindak di saat krisis. Bukan diam dan menonton, tapi hadir di lapangan dan bertindak.

Ingat peristiwa 21-22 Mei di depan Bawaslu? Semua pejabat pemerintah pusat menghilang, yang bergerak dan bertindak di lapangan hanyalah Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Begitu juga kemarin, saat krisis listrik di bagian barat Pulau Jawa, termasuk Jakarta, yang bertindak di lapangan adalah Gubernur DKi.

Coba perhatikan tindakannya:
Langkah-langkah Gub DKI saat listrik PLN mati.

1. Mengumumkan bahwa nomor emergency 112 di Jakarta tetap berfungsi dan menyilahkan publik untuk hubungi bila ada kebutuhan kedaruratan.

2. Langsung mengerahkan semua Bus Sekolah dan bus cadangan. Dalam waktu singkata, mulai pukul 14, bis-bis itu mulai membantu publik yang tidak bisa naik kereta listrik ataupun MRT.

3. Semua genset di setiap rumah sakit di DKI dipastikan berfungsi. Dia periksa ke RS-RS memastikan aliran listrik dari genset aman, karena pasien, alat2 kesehatan & vaksin dll butuh tenaga listrik.

4. Petugas Dinas Perhubungan disebarkan utk bertugas di persimpangan2 strategis utk mengatur lalu lintas saat hampir semua lampu pengatur lalu lintas mati semua.



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/08/12/instink-pemimpin/

Post a Comment

0 Comments