Dijebol Siber Rp 9 Triliun, Bank Mandiri Segera Bangkrut?

Jakarta, Swamedium.com — Raibnya saldo nasabah Bank Mandiri dan “blackout”-nya PLN Jawa-Bali bukan perkara yang saling bebas. Tetapi saling berkelindan. Namun tulisan ini hanya mau mengungkap keanehan pada Bank Mandiri. Ulasan mengenai blackout PLN nanti ada pada tulisan berikutnya.

Keanehan utamanya adalah sampai detik ini pemerintah selaku pemegang saham pengendali tidak melakukan pemecatan terhadap Direksi Bank Mandiri. Tidak juga ada pemberhentian sementara terhadap minimal Direktur Teknologi Informasi (IT) Bank Mandiri.

Sampai saat ini peristiwa “blackout” di Bank Mandiri juga tidak ada kelanjutannya. Padahal kabarnya Menteri BUMN Rini Soemarno dan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memanggil Direksi Bank Mandiri. Tidak jelas, apakah pemanggilan itu terkait dengan sanksi atau siasat untuk meredam gejolak di publik.

Tampaknya lebih untuk meredam gejolak publik. Karena hingga saat ini belum terpublikasi soal adanya sanksi terhadap Bank Mandiri dan Direksi Bank Mandiri. Selain Kementerian BUMN dan OJK, Ombudsman Indonesia juga sudah memanggil Direksi Bank Mandiri. Namun itupun hanya sekadar penjelasan mengapa terjadi dan bagaimana pemulihannya.
Terus pemulihannya bagaimana? Selentingan sumber menyebutkan, bahwa hingga saat ini Bank Mandiri konon sudah jebol Rp 9 Triliun. Bank Mandiri juga tidak mampu untuk melakukan trackback atas dana-dana yang hilang dari tabungan nasabah.

Dari peristiwa blackout-nya saldo rekening nasabah Bank Mandiri, sekitar tanggal 19 – 20 Juli 2019 lalu, Bank Mandiri telah melakukan trackback berhari-hari. Bahkan sampai seminggu lebih. “Hari Sabtu dan Minggu ini (28 Juli 2019, red), tim IT Mandiri masih melakukan trackback dan belum berhasil,” ujar sumber tersebut.

Sampai selesai pemanggilan di Ombudsman, Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunadi menjelaskan, akibat gangguan tersebut, ada sekitar 2.600 nasabah yang saldonya bertambah. Sekitar 90% dari 2.600 rekening nasabah sudah kembali normal.



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/08/14/dijebol-siber-rp-9-triliun-bank-mandiri-segera-bangkrut/

Post a Comment

0 Comments