Anies Makin Moncer! Kabel Awut-Awutan Di Atas Kepala Dipindahkan Ke Dalam Tanah

Jum'at, 9 Agustus 2019

Faktakini.net

Jakarta Ducting. Rapikan Kabel Ke Dalam Tanah

Teman-teman sering ya lihat kabel-kabel awut awutan di atas kepala kita? Di Jakarta kabel-kabel itu sedang dibenahi. Dimasukkan ke pipa di bawah tanah. Kabel ducting namanya.

Pagi ini seneng saya. Baca cerita mas Anies di laman FB-nya, meninjau proyek Pemprov DKI yang sedang merapikan jaringan kabel-kabel semerawut di ruas jalan Cikini. Untuk dimasukkan dalam tanah. Pelan-pelan semua kabel akan dirapikan, bertahap berbarengan dengan proyek revitalisasi trotoar Jakarta. Menurut saya kabel ducting itu pekerjaan penting. Penting banget.

Suka sedih saja melihat berbagai kabel awut awutan di tiang sepanjang jalan. Bahkan seringkali ada juga yang melintang di tengah jalan. Bikin deg-degan tuh, bagaimana coba kalau ada kendaraan truk tinggi menabraknya?

Jika dilihat, makin ke sini pohon-pohon kabel makin rimbun saja. Soalnya bukan cuma kabel listrik dan telpon yang menggayut, tapi juga kabel-kabel fiber optic dan entah kabel apa lagi. Selain mengganggu keindahan kota, kabel-kabel itu berbahaya juga. Utamanya listrik. Bisa kan menimbulkan arus pendek dan kebakaran? Atau nyetrum orang? Ngeri deh.

Kabel awut awutan begitu bukan hanya masalah Jakarta. Kemanapun pergi di hampir semua wilayah perkotaan di Indonesia, selalu lihat masalah itu. Kabel-kabel berantakan yang berbahaya.

Maka saya senang banget nih, Jakarta sudah mulai merapikannya. Sedikit-sedikit dilakukan, berbarengan dengan proyek revitalisasi trotoar. Mudah-mudahan nantinya bisa rapih semua, kabel-kabel masuk ke dalam tanah. Pohon-pohon kabel menghilang, diganti dengan pohon-pohon asli. Paling tidak jika jalan-jalan utama Jakarta saja rapi, sudah keren banget.

Kerja sepenting ini, ternyata nggak jadi perhatian media. Tadi saya sempet googling. Nggak banyak loh media menuliskan.

Nggak papalah tanpa media. Yang terpenting publik harus tahu bahwa Pemprov DKI sedang bekerja. Nanti akan kita lihat pada saatnya, bahwa jalanan Jakarta makin apik, rapi dan aman. Tanpa kabel awut-awutan lagi.

Tatak Ujiyati on FB

#Jakartabisa #Jakartamaju #Jakartabahagia

sumber Fakta Kini https://www.faktakini.net/2019/08/anies-makin-moncer-kabel-awut-awutan-di.html

Post a Comment

0 Comments